Kamis, 14 Maret 2013

Hal-Hal Yang Harus diSegerakan

Sebagaimana pesan Rasulullah SAW, bahwa kita sebagai seorang muslim memiliki kewajiban yang harus segera dilaksanakan. Sahabatku inilah hal-hal yang harus disegerakan dalam sunnah nabi Muhammad SAW. :
1. Segera bertaubat sebelum ajalmu tiba

karena kita tidak tau apakah kita masih punya waktu untuk bertaubat jika tidak dilakukan dengan segera dan selalu di tunda-tunda maka dosa kita akan semakin bertumpuk
2. Segera tegakkan sholat sebelum habis waktunya
Menyegerakan sholat adalah hal paling utama, dari pada menunda dengan alasan suatu pekerjaan  duniawi. Biasakanlah segera menunaikan panggilan Allah SWT untuk sholat, manakala telah tiba waktunya. Jangan menunda-nunda.
Ingat saudaraku, sholat adalah hal pertama dan utama yang akan dihisap oleh Allah SWT. Segera tunaikan setiap kali mendengar panggilan untuk sholat. Mari kita usahakan selalu sholat berjamaah di mana suara adzan dikumandangkan. Dan ingatlah pula, manakala sholat kita baik niscaya semua amal sholeh kita juga akan dinilai baik. Sebaliknya, bila sholat kita rusak, maka akan tertolaklah segala amal sholeh kita. 
3. Segera Tunaikan zakat sebelum datang bala, karena zakat menolak bala
4. Segera laksanakan haji kalau sudah mampu, kalau tidak mati seperti orang yahudi
5. Segera selesaikan hutang, kalau tidak jadi perkara di alam kubur

Membayar utang harus disegerakan agar tidak diwarisi kepada anak cucu dan tidak ada satupun orang yang tahu umur mereka sampai kapan.
6. Segera minta maaf, kalau tidak dibalas di akhirat
7. Segera menguburkan jenazah muslim

Jangan menunda-nunda untuk segera menguburkan jenazah saudara muslim kita. Pada saat kematian itulah awal dari suatu babak kehidupan baru bagi saudara kita. Babak hidup baru yang akan kekal selama-lamanya. Di alam kuburnya, dia akan menerima balasan apa yang telah diperbuatnya selama hidup di dunia.
8. Bila telah selesai satu urusan bersegeralah menyelesaikan urusan berikutnya
9. Segera nikah, kalau tidak akan menimbulkan banyak fitnah. 

Menyegerakan menikahkan anak wanita  kita juga dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Hal ini tentu banyak manfaat dan hikmahnya. Setidaknya akan mengurangi aib dan tanggung jawab orang tua dalam menjaganya. Jangan menunda-nunda dengan alasan masalah duniawi. Bila sudah sampai umurnya, cukup mampu secara fisik dan mental serta sudah ada yang meminang lebih baik segerakanlah untuk menikahkannya.
"SubhanAllah semoga Allah jadikan kita hamba-Nya yang tidak menyia-nyiakan waktu hidup di dunia ini untuk bekal di akhirat nanti... Aamiin".

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar